Bahan dan desain lensa kacamata

 Bahan dan Desain Lensa
Saat ini lensa tersedia dalam berbagai jenis bahan dan desain. Memilihkan lensa dengan bahan dan desain terbaik sesuai ukuran dan kebutuhan pasien adalah tugas utama kami. Untuk melakukan hal ini kami berikan informasi mengenai fitur dan manfaat dari bahan dan desain bagi pasien

1. Desain Wavefront dan Proses Gosok Freeform
Wavefront dan Freeform adalah teknologi terbaik saat ini untuk menciptakan lensa yang memberikan  pasien penglihatan sangat tajam dan jenih.  Pemakai akan mendapatkanpenglihatan yang tajammeningkatkan ketajaman kontrasmeningkatkan penglihatan berkendara di malam hari, dan menikmati intensitas warna  yang lebih kaya. 
Wavefront teknologi digunakan untuk menganalisis perjalanan cahaya menuju ke mata. Pemetaan wavefront membantu praktisi mendeteksi  aberrations yang tidak terlihat dalam tes lensa konvensional , yang berdampak pada kualitas penglihatan pasien. Banyak lensa korektif menimbulkan distorsi ketika cahaya melalui lensa yang akhirnya mengurangi ketajaman visual. Lensa progresif, khususnya, karena sifat desain mereka yang terdapat distorsi,mengakibatkan perubahan gelombang cahaya. Baru-baru ini, wavefront teknologi ini telah digunakan dalam desain lensa baru dan di proses untuk memperbaiki desain lensa progresif sehingga dapat meminimalisasi aberrations dan meningkatkan kinerja visual.
Inovasi lensa besar lainnya adalah proses gosok Freeform.  Menggunakan teknik freeform, sebuah laboratorium optik dapat memotong kompleks Curves ke bagian belakang  dan  atau depan permukaan lensa kosong menjadi ukuran resep lensa yang optimal. Mesin Freeform dapat menghasilkan Curves lebih kecil dari  0.01D, dan lensa yang keluar dari generator siap di Polish. Dasar sistem mesin Freeform terdiri dari CNC (Computer Numerically Controlled) generator,  soft pad penggosok lensa, dan "titik" file perangkat lunak yang menjalankan CNC generator. Proses gosok Freeform adalah proses gosok lensa yang lebih cepat dan lebih akurat sehingga tidak hanya memproduksi optik yang lebih presisi, tetapi juga mengurangi waktu pemprosesan dan membantu meningkatkan pengiriman. 

2. Kaca
Bertahun - tahun kaca dianggap bahan lensa pilihan nomor satu. Dengan optik yang paling tepat dan konstan, kaca dianggap yang paling nyaman dan alami. Tapi Karena kaca tidak tahan terhadap benturan,  standar ANSI menyatakan bahwa semua lensa opthalmik kaca harus dites baik melaui panas atau kimia  untuk meningkatkan dampak benturan. Banyak dari lensa kaca warna tidak tersedia lagi atau hanya tersedia dengan harga yang sangat mahal. Beberapa warna dapat diperoleh dengan cara memberikan lapisan pada lensa, walaupun hasilnya masih diperdebatkan. Lensa kaca memiliki indeks 1,523 dimana hal tersebut standar untuk kaca lensa. Hi Indeks lensa Kaca tersedia indeks 1,60, 1,70 dan 1,80 dan 1,90. Karena spesifik gravity, berat Hi Indeks kaca meningkat sesuai indeksnya, namun pemilihan frame yang kecil dapat mengurangi berat lensa.
Manfaat dan fitur : 
Kualitas optik yang sempurna dan tahan gores yang terbaik dari semua bahan. Ingat, tidak ada lensa "anti gores". Lensa kaca dengan lapisa anti pantul memberikan penglihatan terbaik.
Negatif :
Kaca adalah bahan terberat yang ada serta lensa "yang paling mudah pecah". Kaca juga dapat dengan mudah tergores dan melentik di lingkungan kerja yang berbeda. Proses pewarnaan di lensa kaca dibuat di dalam lensa, ini termasuk pembuatan lensa  photochromik kaca. Hal ini akan menyebabkan lensa minus menjadi gelap disekitar pinggir lensa sedangkan jika lensa plus menjadi gelap di tengah. Tidak ada perlindungan UV di lensa kaca bening .

3. Plastik
Pilihan bahan lensa nomor satu di pasaran optik masa kini. Lensa plastik memiliki optik yang sangat baik, abbe yang besar, ringan, dan kemudahan proses warna serta tahan bentur menjadikannya pilihan yang paling umum di antara Optician. Peningkatan kualitas lapisan tahan gores telah membantu meningkatkan penjualan sehingga sering dianjurkan. Regular lensa plastik memiliki indeks pembiasan dari 1.498. Hi Indeks plastik mulai dari indeks dari 1.54, hingga yang baru 1.74. Tidak seperti kaca, yang akan menjadi lebih berat karena indeks lebih tinggi, lensa plastik Hi Indeks umumnya lebih ringan beratnya daripada lensa plastik biasa. TIPS: Kami sarankan lapisan AR baik itu kaca atau  plastik untuk  lensa Hi Indeks karena semakin tinggi index berarti semakin rendah nilai abbe. Hi Indeks memilki  4 tingkat terpisah, Mid Indeks 1,54 menjadi sekitar 1,58 (25% lebih tipis dari bahan standart lensa), Hi Indeks 1,60 (30% lebih tipis dari bahan standart lensa), Hyper Indeks 1,67 (40% lebih tipis dari bahan standart lensa), dan baru Hyper Indeks 1,74 (50% lebih tipis dari bahan standart len).
Manfaat dan fitur : 
Berat lensa plastik kira-kira satu setengah kali lebih ringan dibandingkan dengan lensa kaca. Plastik lebih mudah diwarna dibanding bahan lainnya, dapat tambahkan untuk perlindungan UV.
Negatif :
Tebal lensa plastik sekitar 30% lebih tebal dari lensa kaca untuk indeks 1.53, dan lensa plastik di haruskan menggunakan lapisan tahan gores dan juga lapisan perlindungan UV (dimana hal ini membuat lensa menjadi lebih mahal)

4. Polycarbonates
Lensa yang paling tahan bentur dari semua bahan yang digunakan saat ini, telah menjadi pilihan terbaik untuk anak-anak dan pemakai kacamata yang aktif diluar ruangan. Polycarbonate memiliki keuntungan memiliki perlindungan UV, 380 nm untuk melindungi UVA dan UVB. Dibuat dengan indeks yang lebih tinggi, memiliki berat jenis yang rendah sehingga menjadi lensa yang paling ringan di banding  dari lensa lainnya.
Asosiasi Optikal Laboratorium di Amerika Serikat memiliki program yang disebut "Duty to warn" untuk membantu mendidik pasien keunggulan dan fitur lensa polycarbonate. Posisi fitting yang benar (4-5mm di bawah pupil) pada lensa 1 focus, pilihan frame yang benar  (Tidak lebih dari 5mm dari decentration per mata, kurang lebih baik) akan membantu mengurangi ketidaknyamanan. Kami merekomendasikan penambahan multi-lapisan AR Coatings untuk membantu memberikan peglihatan yang terbaik untuk pasien.
Manfaat dan fitur: 
Lensa teraman, teringan  dan salah satu dari bahan lensa tertipis yang tersedia. Telah tersedia dalam desain aspheric yang bermanfaat melebarkan daerah penglihatan.
Negatif:
Tidak semua lensa Polycarbonate dapat diwarna gelap seperti lensa plastik. Polycarbonate memiliki nilai abbe yang rendah, yang dapat menimbulkan aberasi pada ukuran minus & plus tinggi. Proses fitting ( pemasangan lensa) yang tepat dan desain Aspheric dapat mengkoreksi hal tersebut.
Dengan semakin majunya teknologi sekarang ini, manusia selalu berpikir dan berpikir untuk menhasilkan karyanya demi kemajuan dan kenyamana hidup sesama manusia lainnya.
Dalam bidang perkacamataan khususnya dalam bidang lensa, ada lensa yang mempunyai performa sangat bagus, tentu dalam hal ini di tilik dari segi bahan, di mana hampir semua produsen lensa di dunia ini sekarang menggunaknnya.
Lensa itu adalah lensa jenis Polycarbonate. Banyak sekali keunggulan yang di tawarkan lensa jenis ini antara lain:
  1. Lensa ini lebih ringan dan lebih tipis dari lensa plastik yang standart.
  2. Bisa mengeblok sinar Ultra Violet, anti UV
  3. Bahkan sampai 10 kali lipat lebih kuat dari lensa standart, tahan baret.
Dari beberapa keunggulan itulah maka lensa ini awalnya di buat untuk lensa pada anak-anak, lensa untuk olahragawan dan untuk faktor keamanan.
Sejarah polycarbonate sendiri sudah di kembangkan sejak tahun 1970 an dan digunakan pada awak ruang angkasa sebagai helmet, juga sebagai kaca di yang sangat tahan benturan, namun baru pada tahun 1980 an di lempar ke pasaran sebagai lensa untuk kacamata.
Lensa ini sekarang jadi pilihan untuk kacamata anak-anak, sport dan pengaman atau safety, dan sangat cocok untuk kacamata dengan bingkai rimless atau tanpa bingkai atau bor-boran.
Lensa Polycarbonate di buat dengan cara injection moulding, yaitu material itu di masukkan di dalam cetakan dan dan dengan pemanasan maka lensa itu akan menyebar membentuk cetakan itu, dengan tekaan yang tinggi dan kemudian di dinginkan untuk untuk menjadi material lensa dengan hitungan beberapa menit saja.
Untuk UV protection-nya, lensa polycarbonate itu dari bahannya, jadi tidak perlu UV blok dari semacam coating, karena udah dari bahannya sendiri, otomatis nggak akan habis atau ngothok dan sebagainya.
Untuk lebih menjaga kejernihan permukaannya bisa juga di beri coating misal hardcoard dan multicoating untuk anti refleksi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahan dan desain lensa kacamata"

Post a Comment